Friday, October 23, 2015

Mobil Pribadi Dilarang Melintas di Kota Ini

Polusi udara sudah menjadi masalah besar tabita skin care di dunia. Apalagi di pusat-pusat kota yang populasi penduduk serta kendaraannya begitu pesat. Guna memecahkan masalah itu, banyak kebijakan yang dibuat dan diberlakukan oleh masing-masing negara, salah satunya Norwegia.

Sebagai langkah mengurangi polusi udara, seperti dilansir lamanReuters, Jumat (23/10/2015) Oslo, sebagai Ibu Kota Norwegia akan melarang mobil pribadi beroperasi di pusat kota pada 2019 mendatang. Norwegia menjadi negara pertama secara tegas dan komprehensif yang menerapkan aturan seperti ini di Eropa.

Ketua Green Party Oslo Lan Marie Nguyen Berg mengatakan, meski nantinya ada pihak yang merasa dirugikan, tapi kebijakan ini akan menguntungkan bagi semua masyarakat Norwegia khususnya Oslo.

“Kami ingin membuat jalan lebih baik bagi pejalan kaki dan pengguna sepeda,” ujar Nguyen Berg.

Rencananya, dalam waktu empat tahun kedepan pemerintah setempat akan membuat jalur sepeda sepanjang 60 km dan memberikan investasi di bidang transportasi umum, karena Bus dan tram tetap beroperasi di pusat kota. Pengecualian lainnya berlaku untuk kendaraan yang membawa orang cacat dan mengangkut barang untuk keperluan toko.

Meski tidak secara tegas dan komprehensif, di Eropa ada juga negara yang memberlakukan hal sama tapi beda aturan. Bulan lalu, Paris, Perancis dan sebelumnya ada London, Inggris dan Madrid, Spanyol. Oslo sendiri memiliki jumlah penduduk hampir 600.000 orang dan populasi kendaraan pribadi mencapai 350.000.

No comments:

Post a Comment